Selasa, 12 Oktober 2010

Google: Windows Phone Tak Penuhi Kebutuhan Konsumen

CALIFORNIA - Microsoft telah resmi meluncurkan Sistem Operasi (OS) Windows Phone 7. Tak tanggung-tanggung OS tersebut langsung didukung oleh empat produsen ponsel sekaligus yakni, HTC, LG, Dell, dan Samsung.

Namun kehadiran 
CALIFORNIA - Microsoft telah resmi meluncurkan Sistem Operasi (OS) Windows Phone 7. Tak tanggung-tanggung OS tersebut langsung didukung oleh empat produsen ponsel sekaligus yakni, HTC, LG, Dell, dan Samsung.

Namun kehadiran OS tersebut tampaknya tak disambut baik oleh pesaing dan operator telekomunikasi. Pekan lalu, kritikan datang dari CEO operator telekomunikasi Verizon Lowell McAdam yang menyatakan bahwa Windows Phone 7 tak masuk dalam pikirannya karena OS tersebut tak inovatif. Lowell bahkan terang-terangan hanya akan mendukung ponsel berbasis Blackberry, iOS, dan Android.

Belum usai kritikan dari Operator kini giliran pesaing Microsoft, Google, yang merupakan pengembang Android melancarkan kritikannya. Dalam sebuah wawancara dengan PCMag Vice President of Engineering Google, Andy Rubin, mengatakan Windows Phone tak akan memenuhi kebutuhan konsumen terutama dalam hal aplikasi dan berselancar di Web.

"Saya lihat Screenshot dari Windows Phone 7 memang sangat menarik tapi lihat sekali lagi, dunia tak membutuhkan platform lain. Android adalah platform yang terbuka dan saya pikir alasan untuk membuat platform lain hanyalah semata alasan politis," kata Rubin.

Windows Phone 7, bisa dikatakan pertaruhan bagi CEO Microsoft Steve Ballmer. Ia berambisi mendongkrak kembali kejayaan Microsoft di pasar OS untuk perangkat mobile. Bila Ballmer gagal membawa Windows Phone 7 berjaya di pasar ponsel maka bisa dipastikan tingkat kepercayaan karyawan pada dirinya akan terus merosot.

Seperti diketahui, bonus CEO Microsoft Steve Ballmer, terpaksa dipangkas 50 persen dari jumlah maksimum karena dinilai gagal dalam bisnis ponsel. Padahal Ballmer telah berhasil mendongkrak pendapatan Microsoft sebesar tujuh persen menjadi sekira USD62,5 miliar

Rubin mengatakan bahwa tak ada sesuatu yang menarik yang ditawarkan Microsoft di OS terbarunya tersebut. Ia juga meyakini Windows Phone7 hanya akan meramaikan persaingan di pasar OS tanpa memberikan kontribusi yang signifikan pada perusahaan software milik Bill Gates itu.

Ditambahkannya, strategi merupakan hal terpenting untuk keberhasilan sebuah OS ponsel.

"Kita bicara tentang sebuah platform di mana untuk pertama kalinya Anda dapat melihat source code tersebut, memeriksa kode, dan Anda dapat melihat cara kerjanya. Kami punya segala macam masukan yang berharga dari masyarakat. Kita punya komunitas," kata Rubin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...